Senin, 30 Mei 2011


Tugas Kewirausahaan 2


Kewirausahaan adalah  proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Kewirausahaan (Entrepreneurship) berasal dari bahasa Perancis yang artinya Perantara.


Wirausahawan adalah orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru.


Tiga jenis perilaku :
  ü  Memiliki Kreatifitas Tinggi
  ü   Memiliki Perilaku Inovatif Tinggi
  ü  Diterimanya resiko dan kegagalan.


    Wirausahawan dunia modern muncul pertama kali di Inggris pada masa revolusi pada akhir abad ke 18.  Kunci penting seorang wirausahawan adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas.


Karakteristik Wirausahawan Menurut McClelland :
ü  Keinginan untuk berprestasi
ü  Keinginan untuk bertanggung jawab
ü  Preferensi kepada resiko-resiko menengah
ü  Persepsi kepada kemungkinan berhasil
ü  Rangsangan oleh umpan balik
ü  Aktivitas energik
ü  Orientasi ke masa depan
ü  Keterampilan dalam pengorganisasian
ü  Sikap terhadap uang


Karakteristik wirausahawan yang sukses dengan n Ach tinggi :
v  Kemampuan inovatif
v  Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)
v  Keinginan untuk berprestasi
v  Kemampuan perencanaan realistis
v  Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan
v  Obyektivitas
v  Tanggung jawab pribadi
v  Kemampuan beradaptasi
v  Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator


  Kebutuhan untuk berprestasi (nAch)
n-ACH adalah motivasi untuk berprestasi, karena itu karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya tersebut.


 Kebutuhan untuk berafiliasi (n Afil)
Kebutuhan untuk Berafiliasi atau Bersahabat (n-AFI) Kebutuhan akan Afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi. Mc Clelland mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, akibatnya akan mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja atau mengelola organisasi.


§  Kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)
Kebutuhan akan Kekuasaan (n-POW) Kebutuhan akan kekuasaan adalah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain.


Sumber-sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru:
 Ø  Kebutuhan akan sumber penemuan
 Ø  Hobi atau kesenangan pribadi
 Ø  Mengamati kecenderungan-kecenderungan
 Ø  Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada
 Ø  Mengapa tidak terdapat ?
 Ø  Kegunaan lain dari barang-barang biasa
 Ø  Pemanfaat produk dari perusahaan lain


Unsur-unsur analisa pulang pokok:    Biaya tetap 
  1.     Biaya variabel 
  2.     Biaya total 
  3.     Pendapatan total
  4.     Keuntungan 
  5.     Kerugian 
  6.     Titik pulang pokok

Waralaba atau Franchising (dari bahasa Prancis untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Jenis jenis nya :
  • ·         Waralaba dalam negeri
  • ·         Waralaba luar negeri


Pemasaran langsung : aktifitas total dengan mana penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos atau kunjungan dari calon pelanggan.


Teknik alternatif pemasaran langsung :
  •                  Periklanan terklasifikasi
  •          Periklanan display
  •          Kiriman pos langsung
  •          Katalog penjualan
  •          Pemasaran tanggapan langsung media


Bentuk kepemilikan perusahaan :
·                  Pemilikan tunggal / perseorangan (firma) :
                   Dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang
                   Pemilik tidak perlu membagi laba
·         Kongsi :
                   Ada perjanjian tertulis
                   Dimiliki 2 orang atau lebih
                   Umur perusahaan terbatas


Alternatif penyelesaian kepailitan :
Ø  Likuidasi
Ø  Reorganisasi      
Ø  Rescheduling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar